Indonesia

Indonesia

Membunuh Indonesia...!!!

Membunuh Indonesia
Jangan salah paham, ini sama sekali bukan buku propaganda ajakan merokok. Buku dengan judul lengkap ‘Membunuh Indonesia: Konspirasi Global Penghancuran Kretek ini, hanyalah semacam jendela kecil untuk mengintip kondisi riil Indonesia.

Negeri ini ajang makan gratis kepentingan-kepentingan ekonomi global. Puluhan korporasi asing berpesta pora di sini. Dua di antara senjatanya adalah regulasi yang mereka titipkan pada pemerintah yang lemah, dan gempuran propaganda berkedok isu-isu mulia.

Gambaran kondisi Indonesia sebagaimana dipaparkan dalam buku ini, jelas merupakan gambaran makro. Dari kasus per kasus, buku Membunuh Indonesia menyajikan beberapa contoh. Misalnya bagaimana pertanian dan industri kopra di Indonesia hancur lebur karena kampanye Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, yang menyebut bahwa minyak tropis sangat berbahaya dan menimbulkan penyumbatan pembuluh darah. Padahal ujungnya ketahuan, bahwa ternyata Amerika melemparkan produk minyak nabati ke pasar yang sebelumnya dikuasai ‘minyak tropis’, dimana salah satu penguasa pasarnya adalah Indonesia.

Saat riset terbaru menemukan VCO (virgin coconut oil) dan membuktikan minyak tropis justru memiliki efek penyembuh, pertanian dan industri kopra Indonesia sudah telanjur remuk, tak mampu bangun lagi. Contoh lain juga ditampilkan, yakni industri garam dan gula. Nah, industri kretek kini yang ketiban gilirannya.

Dalam buku Membunuh Indonesia, lebih lanjut dipaparkan tentang sejarah kretek, peran kretek dalam kehidupan berbudaya di Nusantara, juga betapa signifikannya andil industri kretek dalam struktur ekonomi Indonesia.

Kekuatan industri kretek itu setidaknya karena empat karakter: tumbuh berkembang dan bertahan lebih dari satu abad tanpa ketergantungan modal pada negara, menggunakan hampir 100% bahan baku dan konten lokal, terintegrasi secara penuh dari hulu ke hilir dengan melibatkan tak kurang dari 30,5 juta pekerja langsung maupun tak langsung, serta melayani 93% pasar lokal. 

Dengan karakter sekokoh itu, tak ayal industri kretek menjadi salah satu prototipe kemandirian ekonomi nasional. Berbekal segala aspek lokalitasnya, terbukti industri kretek mampu bertahan menghadapi beberapa kali krisis ekonomi global.

Sialnya, modus yang dulu diterapkan pada kopra itu kini ditembakkan habis-habisan ke kretek. Kampanye antirokok terlihat sangat gencar di Indonesia. Rancangan Peraturan Pemerintah Anti-Tembakau telah digodok dan siap disahkan. Bahkan di ranah-ranah lokal, berbagai peraturan daerah pembatasan rokok telah diterapkan.

Buku MI secara rinci menunjukkan data bahwa Bloomberg Initiative, lembaga dari Amerika Serikat yang memberi suplai dana miliaran rupiah ke gerakan antirokok sedunia, mengucurkan berkarung-karung fulus pula ke Indonesia.

Sumber : http://komunitaskretek.or.id/membunuh-indonesia/

Membunuh Indonesia...!!! | Indonesia | Semua tentang Indonesia

Share on Google Plus

About Poerwalaksana M.Djayasasmita

Poerwalaksana is a freelance web designer and developer with a passion for interaction design, Business Enthusiast, Start Up Enthusiast, Speaker and Writer. Inspired to make things looks better.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 komentar:

  1. 3 Studies REVEAL Why Coconut Oil Kills Waist Fat.

    This means that you literally kill fat by consuming Coconut Fats (in addition to coconut milk, coconut cream and coconut oil).

    These 3 researches from big medical journals are sure to turn the traditional nutrition world upside down!

    ReplyDelete