Indonesia

Indonesia

Khas Cirebon : Tahu Gejrot...!!!

Khas Cirebon : Tahu Gejrot...!!!
Tahu gejrot adalah makanan khas Cirebon, Indonesia. Tahu gejrot terdiri dari tahu yang sudah digoreng kemudian dipotong agak kecil lalu dimakan dengan kuah yang bumbunya cabe, bawang merah, gula. Biasanya disajikan di layah kecil. atau coet, biasanya pedagang menjajagan dagangannya dengan menggunakan sepeda, makanan ini enak sekali dimakan disiang hari yang terik dengan keringat bercucuran mantap

Tahu Gejrot, nama yang unik dan dari nama unik itu menyimpan sejuta rasa nikmat di lidah, makanan ini berupa Tahu khusus yang rasanya tawar kemudian dicampur dengan bumbu cair berwarna kecoklatan dan alas makannya pun terbuat dari tanah yang dibuat berupa piring kecil yang disebut dengan Coet dan cara makannya pun memakai tusukan yang terbuat dari bambu, pokoknya kelihatannya menarik dan natural.

makanan yang terdiri dari tahu yang dipotong-potong kecil dan di bumbui garam, bawang merah, bawang putih, gula merah dan cabe, kemudian di ulek seperti halnya membuat sambal dalam coet namun ini beda setelah di ulek diberi air yang sudah dibumbui oleh kecap dan gula aren yang sebelumnya di godok dan kemudian di dinginkan, bumbu cair inilah yang membasahi potongan Tahu dan menjadikan ciri khas Tahu gejrot yang rasanya selalu menempel di lidah.

Resep Tahu Gejrot :
Bahan:
24 buah tahu sumedang goreng, potong-potong

Kuah:
4 sdm air asam jawa
2 sdm kecap manis
350 ml air
150 g gula merah, sisir
1 sdt garam

Bumbu, tumbuk kasar:
10 butir bawang merah
6 buah cabai rawit hijau
5 siung bawang putih

Cara Membuat:
Kuah: Didihkan semua bahan. Angkat. Saring.
Penyajian: Ambil 1 buah piring saji.
Letakkan 1 sdm bumbu kasar, tuangi kuah. Tambahkan potongan tahu. Sajikan.
Untuk 6 porsi
Kalori per porsi: 281 kal

Share on Google Plus

About Poerwalaksana M.Djayasasmita

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: