Indonesia

Indonesia

R.A.A. Wiranatakoesoemah V (Dalem Haji)...!!!

R.A.A. Wiranatakoesoemah V (Dalem Haji)...!!!
Riwayat Hidup R.A.A. Wiranatakoesoemah :
Lahir di Bandung tanggal 23 November 1888. Setelah pada tahun 1910, beliau keluar dari kelas tertinggi di H.B.S. Jakarta, kemudian diangkat menjadi Jurutulis Kewadanan Tanjungsari (Sumedang).

Tahun 1911 diangkat menjadi mantri polisi di Kota Tasikmalaya.
Tahun 1912 diangkat menjadi Wedana Cibereum (Tasikmalaya).
Tahun 1913 diangkat menjadi Bupati Cianjur.
Tahun 1918 dipindahkan menjadi Bupati Bandung.

Pada tahun 1930 – 1934 meletakkan jabatan Bupati berhubung dengan diangkatnya menjadi Gedelegeerde di Volksraad.
Tahun 1929 – 1935 memimpin perkumpulan para Priyayi Bestuur seluruh Indonesia yang memakai nama P.P.B.B.
Tahun 1934 diangkat kembali menjadi Bupati Bandung.

Pada jaman penjajahan Jepang beliau tetap jadi Bupati Bandung dan menjadi Residen Priangan (Wakil Syutyookan). Pada pemerintahan Republik Indonesia, beliau terpilih mejadi Menteri Dalam Negeri (Direktur Dep. B.B.) di Jakarta dan kemudian diangkat menjadi “Dewan Pertimbangan Agung” di Jogjakarta (1945).

R.A.A Wiranatakusumah adalah salah seorang Bupati di Jabar yang pertama ditunjuk oleh pemerintah menjalankan “studireis” (tahun 1929) pergi ke Belanda untuk mempelajari soal “Ekonomi dan Koperasi” (boerenleenbanken).

Kedua kalinya beliau berangkat dengan verlof mengelilingi seluruh Eropa dalam tahun 1934 – 1935 atas kehendak dan biaya sendiri. Pada tahun 1924 Beliau pergi berziarah ke Tanah Suci (Makkah dan Madinah) pada ketika beliau mendapat anugrah dari Raja Arab Ibn. Saud bintang “Istiglah Kl. 1.
Share on Google Plus

About Poerwalaksana M.Djayasasmita

Poerwalaksana is a freelance web designer and developer with a passion for interaction design, Business Enthusiast, Start Up Enthusiast, Speaker and Writer. Inspired to make things looks better.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment