Indonesia

Indonesia

Site Museum Palagan Bojongkokosan

Site Museum Palagan Bojongkokosan merupakan kebanggaan bagi masyarakat Sukabumi, sebagai tanda peringatan dan rasa hormat pada para pahlawan yang gugur pada “Peristiwa Bojongkokosan”.

Peristiwa yang terjadi pada tanggal 9 Desember 1045 adalah pertempuran antara para pejuang Sukabumi dengan Sekutu Inggris serta NICA (Belanda) yang ingin mengembalikan penjajahannya di Indonesia.

Peristiwa Bojongkokosan merupakan awal dari serangan – serangan yang disusun oleh TKR pimpinan Letnan Kolonel Eddie Sukardi. Peristiwa ini kemudian menjadi pemicu awal dalam peristiwa yang kita kenal dengan perang konvoi dan merupakan perang konvoi pertama (The Firs Convoy Battle) yang berlangsung dari tanggal 9 sampai dengan 12 Desember 1945. (Bahkan dikatakan bahwa perang Bojong Kokosan adalah perang terhebat kedua setelah peristiwa 10 November di Surabaya...!!!)

Penghadangan sepanjang 81 Km mulai dari Cigombong (Bogor) sampai Ciranjang (Cianjur) telah mengakibatkan banyak korban dari kedua belah pihak : pihak sekutu : 50 orang meninggal, 100 orang luka berat dan 30 orang menyerah. Koraban di pihak pejuang : 73 orang meninggal sedangkan perang konvoi kedua pada tanggal 10 sampai dengan 14 maret 1946.

Maksud konvoi tentara sekutu tersebut adalah untuk :
Mengambil interniran (tawanan) Jepang di daerah Sukabumi dan sekitarnya Memberikan bantuan ke Bandung yang pada saat itu sedang terjadi pergolakan antara pihak pemuda dengan tentara sekutu di Bandung. Menjaga kelancaran hubungan jalan darat antara Bogor – Sukabumi – Cianjur.

Peristiwa Bojongkokosan merupakan salah satu faktor penyebab dari pada peristiwa Bandung Lautan Api, 24 Maret 1946. Hal ini disebabkan karena ditinjau dari strategi Nasional daerah jalur Jakarta-Bogor-Sukabumi-Bandung, merupakan urat nadi kekuatan Sekutu untuk menguasai daerah yang dilalui jalur tersebut.

Dalam rangka mengenang peristiwa heroik bersejarah itulah, site Museum dan Monumen Bojongkokosan dibuat.

Koleksi Museum
Pada ruang pamer I terdapat 4 (empat) buah vitrin dan baling-baling dan kaca jendela pesawat serta foto dan nama –nama pahlawan yang gugur di medan perang dalam peristiwa Bojongkokosan.

Pada Ruang pamer II terdapat:
Miniatur masterplan Palagan Bojongkokosan yang berada di tengah-tengah ruangan terdapat 7 Minirama (maket) yang menggambarkan tentang peristiwa di Bojongkokosan. masing- masing menggambarkan dan diberi judul :
1. Penyusunan Kekuatan,
2. Musyawarah untuk melakukan tindakan,
3. Penyerbuan ke Perkebunan Cirohani,
4. Pertempuran Bojongkokosan,
5. Pemboman Cibadak oleh Angkatan Udara Kerajaan Inggris,
6. Pengusungan Jenazah dan yang luka-luka, dan Minirama
7. Pemakaman Jenazah para Pahlawan.

Lokasi: 
Bojongkokosan sendiri terletak di daerah Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi, kira-kira 2 km arah utara dan sejauh 4 km ke selatan Cicurug. Jalan Siliwangi No. 75, Desa Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda Koordinat : 6° 49' 42" S, 106.760452 E Telepon: (0266) 737004

Share on Google Plus

About Poerwalaksana M.Djayasasmita

Poerwalaksana is a freelance web designer and developer with a passion for interaction design, Business Enthusiast, Start Up Enthusiast, Speaker and Writer. Inspired to make things looks better.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment