Indonesia

Indonesia

Galendo.., Makanan khas Ciamis...!!!

http://indonesiatanahairku-indonesia.blogspot.com/
Jawa barat dikenal sebagai salah satu daerah yang kaya akan makanan tradisional dan kini anda akan saya ajak ke Ciamis. saya akan mencoba menghadirkan jajanan khas dari ciamis yang bernama galendo. 

Meski sudah bermunculan di sejumlah daerah, galendo asli Ciamis tetap punya keistimewaan tersendiri di lidah konsumen. 

Di banyuwangi jajanan ini di sebut dengan blondo, tetapi di sana blondo tidak di kembangkan sebagai sebuah jajanan komersil dan hanya di nikmati secara terbatas.

Jajanan yang terbuat dari ampas minyak kelapa itu memang identik dengan Ciamis dimana Ciamis merupakan salah satu penghasil kelapa terbesar di Jawa Barat. 

Dahulu untuk bisa mencicipi nikmatnya galendo, orang harus membeli langsung ke rumah-rumah penduduk penghasil galendo. Belakangan, galendo sudah tersedia di sejumlah supermarket dengan kemasan yang menawan. Ya, mirip seperti kemasan dodol Garut.

Jajanan khas ciamis ini enak dinikmati bersama secangkir teh panas atau kopi pahit, apalagi jika di cocolkan dengan gula putih, wuih mantap. Harga Galendo bervariasi dari Rp5.000 hingga Rp20.000 per bungkus tergantung besar kecilnya dan juga tentunya kualitas dari Galendo itu sendiri.

Seiring perkembangan zaman, kini galendo memiliki cita rasa yang berbeda-beda untuk menambah rasa nikmat, seperti rasa coklat, dan Strawberry. Tapi tetap saja untuk menikmati cita rasa yang beda lebih baik jika dibuat dan dimakan di kota asalnya.

Perajin galendo di Ciamis mempunyai trik sendiri agar galendo bisa dijadikan makanan yang menarik, bahannya tak hanya ampas pembuatan minyak kelapa, tapi juga dicampur cokelat, rasa stroberi, dan bahan lain. Ukuran kemasan juga dibuat berbeda-beda. Dengan upaya itulah, kelas galendo bisa naik dan nangkring di supermarket.

Indonesia | Semua tentang Indonesia

Share on Google Plus

About Poerwalaksana

Poerwalaksana is a freelance web designer and developer with a passion for interaction design, Business Enthusiast, Start Up Enthusiast, Speaker and Writer. Inspired to make things looks better.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 komentar: