Indonesia

Indonesia

Dialah orang yang berani menampar Presiden Soeharto....???

Dialah orang yang berani menampar Presiden Soeharto....???| http://indonesiatanahairku-indonesia.blogspot.com/
Siapa orang yang berani menampar pipi Presiden Soeharto...???

Jawabannya adalah Kolonel Alex Kawilarang, tapi peristiwa itu terjadi sebelum Soeharto menjadi presiden, yaitu saat menumpas pemberontakan RMS dan pasukan KNIL di Makassar.

Kisahnya, ketika Alex Kawilarang sebagai Panglima TT-VII/TTIT, (sekarang Wirabuana) menghadap kepada Presiden Soekarno pada tanggal 4/5 Agustus 1950 untuk melaporkan bahwa keadaan Makassar sudah aman. 

Tetapi Presiden Soekarno malah menyodorkan radiogram yang baru diterimanya bahwa pasukan KNIL Belanda sudah menduduki Makassar, 5 Agustus 1950. 

Alex Kawilarang gusar. Ternyata pasukan Brigade Garuda Mataram yang ditugaskan mempertahankan Makassar telah melarikan diri ke lapangan udara Mandai. Tiga hari kemudian, ia bergegas kembali ke Makassar.

Setiba di lapangan udara Mandai, ia langsung memarahi dan menampar komandan pasukan brigade Letkol Soeharto : "Sirkus apa-apaan nih?" Akibat peristiwa tersebut, Soeharto (kemudian presiden) tidak pernah berbicara lagi dengan mantan atasannya itu ..


Dialah orang yang berani menampar Presiden Soeharto....???| indonesiatanahairku-indonesia.blogspot.com | Indonesia | Semua Tentang Indonesia
Share on Google Plus

About Poerwalaksana M.Djayasasmita

Poerwalaksana is a freelance web designer and developer with a passion for interaction design, Business Enthusiast, Start Up Enthusiast, Speaker and Writer. Inspired to make things looks better.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: