Indonesia

Indonesia

Soekarno.., Presiden pertama di Dunia yang punya Helikopter....!!!

Soekarno.., Presiden pertama di Dunia yang punya Helikopter....!!! | http://indonesiatanahairku-indonesia.blogspot.com/
Bung Karno adalah pemimpin yang amat visioner, kecerdasannya bukan hanya terletak pada kemampuannya berorasi, membangun imajinasi-imajinasi sebuah bangsa, tapi ia membangun ruang negara dalam arti sesungguhnya. 

Bung Karno yang memang seorang arsitek itu punya cita-cita besar membangun Indonesia sebagai negara terkuat di dunia, tapi selain menjadi negara terkuat, Indonesia dibangun satu persatu dulu.

Salah satu kesenangan Bung Karno adalah melakukan aerial foto, atau foto udara. Foto udara menjadi trend dalam dunia arsitek itu sekitar tahun 1920-an dimana kota Bandung kerap menjadi ladang bagi pemotretan foto udara. 

Jakarta adalah mimpi pertama Bung Karno untuk membangun kota ini. Pada tahun 1951 Bung Karno membaca sebuah kisah penerbangan helikopter di Amerika Serikat, lalu Bung Karno memanggil beberapa menterinya termasuk DR.Sumitro Djojohadikoesoemo untuk mendiskusikan pembelian pesawat helikopter khusus kepresidenan. 

Ini dilakukan Bung Karno agar dia bisa melihat Djakarta dari udara, sekaligus juga dimasukkan ke dalam prosedur keamanan Presiden yang saat itu masuk dalam DKP (Detasemen Kawal Presiden). 

Tak lama kemudian datanglah Wiweko Soepeno seorang pilot yang kelak menjadi Direktur maskapai penerbangan negara Garuda. Wiweko mengusulkan agar negara membeli helikopter jenis hiller, helikopter buatan barkeley Amerika Serikat. 

Di tahun 1951 kegemaran utama Bung Karno adalah membuat sketsa Jakarta dengan naik heli hiller itu, kelak sketsa-sketsa inilah yang dikembangkan untuk penataan kota Jakarta. Salah satu  ide Bung Karno adalah menjatuhkan bunga semanggi di depan gerbang Senayan, dimana bunga semanggi jatuh  kelak dikenal sebagai Jembatan Semanggi. 

Presiden pertama di Dunia yang punya Helikopter....!!!
Pada tahun 1960, Bung Karno dihadiahkan helikopter Sirkosky oleh Presiden AS, Dwight Eisenhower. Bung Karno menjadikan heli ini untuk pulang bolak balik dari Bogor ke Jakarta, tapi agak lucu alasan Bung Karno soal naik heli dari Jakarta ke Bogor bolak balik "Supaya Jakarta ndak macet kalo aku lewat". 

Padahal Jakarta waktu itu masih sepi, memang kadang-kadang kalau Bung Karno kelihatan di tengah kota rakyat sering berlonjak-lonjak gembira menyambut pemimpinnya.
Sebagai catatan : Indonesia adalah negara pertama di dunia yang menyediakan fasilitas pesawat helikopter untuk transportasi Presidennya. Bung Karno adalah presiden pertama dunia yang memiliki helikopter kepresidenan pada tahun 1951. Presiden AS, Dwight Eisenhower baru punya heli kepresidenan empat tahun kemudian.


Soekarno.., Presiden pertama di Dunia yang punya Helikopter....!!! | indonesiatanahairku-indonesia.blogspot.com | Indonesia | Semua Tentang Indonesia

Share on Google Plus

About Poerwalaksana M.Djayasasmita

Poerwalaksana is a freelance web designer and developer with a passion for interaction design, Business Enthusiast, Start Up Enthusiast, Speaker and Writer. Inspired to make things looks better.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Info yg patut diketahui kita semua sebagai generasi penerus bangsa. Mohon ijin share. Terima kasih

    ReplyDelete