Indonesia

Indonesia

Ragam kuliner khas Betawi....!!!

Meski masyarakat Betawi sendiri sudah semakin tergusur ke pinggiran akibat pembangunan kota, namun salah satu hasil budaya mereka berupa makanan khas Betawi masih bisa ditemukan dengan mudah di seantero Jakarta.

Dan inilah sebagian dari Ragam kuliner khas Betawi....!!! :

Ragam kuliner khas Betawi....!!!
Soto Betawi
Agaknya soto satu ini menjadi salah satu primadona makanan khas Betawi. Anda bisa menemukan penjual soto betawi di mana saja meski ada beberapa tempat yang lebih terkenal daripada yang lainnya karena rasanya yang lebih lezat.

Hal yang membedakan soto betawi dengan soto-soto lainnya adalah soto betawi memiliki kuah santan. Sementara soto-soto khas daerah lain biasanya berkuah bening. 

Tambahan santan ini membuat rasa soto betawi begitu gurih. Tambahan daging sapi atau ayam yang menggoda dan irisan tomat yang segar, membuat masakan ini sangat lezat dinikmati ketika perut lapar.

Ragam kuliner khas Betawi....!!!
Lontong Sayur Betawi
Siapa yang tak kenal lontong sayur betawi? Makanan khas Betawi ini bisa dijumpai dengan mudah di mana-mana. 

Sayur lontong menggunakan pepaya muda dengan kuah santan yang sedikit pedas. Lontong sayur ini merupakan salah satu hidangan lebaran yang difavoritkan.

Jika Anda memasaknya sendiri di rumah, bisa menambahkan daging ayam ataupun daging sapi sesuai selera yang tentunya akan semakin menambah kenikmatan. 

Telur ayam juga bisa ditambahkan. Namun tanpa tambahan daging pun, lontong sayur sudah cukup enak dan banyak digemari. Dimakan dengan kerupuk dan sambal di pagi hari sebelum memulai beraktivitas, pasti nikmat sekali.

Ragam kuliner khas Betawi....!!!
Pindang Bandeng Betawi
Makanan khas Betawi yang satu ini mungkin tidak sepopuler soto betawi. Tapi jangan salah, cita rasa masakan ini juga tak kalah lezatnya. 

Anda bisa menemukan masakan ini di resto-resto khas Betawi.

Pindang bandeng ini disajikan dalam kuah berwarna sedikit gelap karena kecap manis. 

Memasak pindang bandeng ini bisa dilakukan dengan menumis bumbunya terlebih dahulu atau langsung merebus bumbu bersama ikan bandengnya. 

Hal yang unik dari masakan ikan bandeng betawi ini biasanya banyak muncul menjelang hari raya Imlek karena konon bandeng adalah simbol kemakmuran.

Ragam kuliner khas Betawi....!!!
Gado-gado Betawi
Gado-gado sudah menjadi makanan khas Indonesia. Anda bisa menemukan gado-gado di mana saja. 

Namun tidak ada salahnya mencicipi gado-gado di ibukota karena makanan ini banyak ditemukan di mana saja mulai dari penjual makanan asongan hingga di resto-resto mewah.



Ragam kuliner khas Betawi....!!!
Tauge Goreng
Bagi penggemar masakan berbahan dasar sayur, selain gado-gado, Anda juga bisa mencoba tauge goreng. 

Makanan ini berbahan dasar tauge dan tahu yang disiram dengan kuah kecap dan tomat. Cara pembuatannya sangat sederhana.

Pertama-tama, rebus tauge dan tahu yang telah dipotong kecil-kecil. Selanjutnya Anda memanaskan minyak untuk menumis bumbu yang telah dihaluskan yang terdiri atas cabai merah, cabai rawit, bawang merah, tauco, garam, dan oncom jika suka. 

Setelah bumbu ditumis dan harum, tambahkan air, kecap, daun bawang, dan tomat. Aduk hingga matang dan mengental. Selanjutnya, tuang kuah tersebut di atas tauge dan tahu yang sudah direbus sebelumnya.

Ragam kuliner khas Betawi....!!!
Kerak Telor
Mendengar nama “kerak telor” mungkin bagi sebagian orang akan langsung mengaitkannya dengan Pekan Raya Jakarta (PRJ). 

Hal ini disebabkan karena banyaknya pedagang kerak telor yang bisa kita jumpai di acara PRJ tersebut.

Sementara itu di hari-hari biasa, ada kalanya kita bisa menemukan pedagang kerak telor menjajakan dagangan dengan berkeliling kampung. 

Namun mungkin jumlahnya tidak seberapa dan mulai sulit ditemukan karena penganan satu ini sudah termasuk langka.

Kerak telor terbuat dari bahan-bahan yaitu ketan putih, telur ayam atau bebek, bawang merah goreng, udang goreng, cabai merah, kencur, jahe, kelapa sangrai, gula, garam, dan merica. Kerak telor memiliki rasa yang gurih dan enak dinikmati selagi hangat.

Ragam kuliner khas Betawi....!!!
Kembang Goyang
Camilan yang satu ini bisa dibilang sejenis crackers karena renyah dengan rasa manis dan gurih. 

Kembang goyang adalah penganan yang terbuat dari tepung beras, lalu adonan dicetak dalam cetakan berbentuk bunga sehingga terciptalah bentuk kembang ini.

Camilan ini cocok dimakan di sore hari sambil menikmati teh hangat. Kembang goyang biasa ditemukan di pasar-pasar tradisional di Jakarta, meski keberadaannya kini juga sudah mulai jarang ditemukan. 

Jika punya cukup waktu, sebenarnya Anda bisa mencoba membuat kembang goyang ini di rumah karena prosesnya tidak terlalu rumit.

Ragam kuliner khas Betawi....!!!
Roti Buaya
Siapa bilang buaya merupakan konotasi dari playboy? Padahal buaya berbentuk roti dalam masyarakat Betawi merupakan representasi dari kesetiaan. 

Roti buaya adalah salah satu prasyarat yang harus ada dalam upacara pernikahan Betawi.

Roti buaya ini berbentuk buaya kecil yang lucu. Namun sayang, roti ini juga sekarang mulai sulit didapatkan. 

Toko-toko roti modern lebih banyak menjual berbagai jenis roti dari luar dari pada roti khas Betawi ini.

Ragam kuliner khas Betawi....!!!
Kue Rangi
Kue rangi atau sebagian juga menyebutnya sebagai sagu rangi, adalah salah satu makanan khas Betawi yang juga mulai jarang didapatkan. 

Namun ada beberapa resto dengan semangat melestarikan budaya Betawi, kembali memasukkan kue ini dalam menu mereka.

Tepung kanji dan parutan kelapa adalah bahan dasar pembuatan kue ini. Rasanya gurih karena mengandung parutan kelapa dan juga manis karena di permukaan kue ditaburi gula merah. 

Ragam kuliner khas Betawi....!!!
Es Doger
Es doger banyak ditemukan di seantero Jakarta. Minuman yang menyegarkan ini memang banyak digemari oleh masyarakat. 

Es doger adalah minuman es serut dengan santan yang berisi tape singkong, ketan hitam, dan ditambah sirup dan juga susu kental manis. 

Kadang roti tawar juga ikut ditambahkan sebagai pelengkap es. Rasanya? Dijamin bikin ketagihan.


Ragam kuliner khas Betawi....!!!
Bir Pletok
Orang Betawi juga gemar minum bir lho. Tapi jangan salah, bir yang satu ini terbuat dari rempah-rempah yang aman untuk dikonsumsi. 

Pada acara-acara adat Betawi, biasanya bir pletok disajikan bersama dengan camilan-camilan khas Betawi lainnya. 

Bir ini terbuat dari rempah-rempah seperti jahe merah, kayu angin, kayu manis, serai, kapulaga, dan sebagainya. Minuman ini memiliki sensasi hangat ketika diminum dan cocok diminum di malam hari atau pada saat udara dingin.


Share on Google Plus

About Poerwalaksana M.Djayasasmita

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment