Indonesia

Indonesia

Sambal Cibiuk, Sambal khas Garut Jawa Barat...!!!

Dulu hanya orang tertentu yang bisa menikmati sambal lezat ini.
Keunikan Sambal Cibiuk  ini terletak pada perpaduan antara cabai hijau,tomat hijau, kencur dan rempah lainnya. jadi bagi pecinta kuliner pedas hukumnya wajib mencicipi.

Racikan sambal yang pedas segar dengan nasi oncom yang pulen pedas sungguh menggiurkan. Disantap hangat mengepul dengan gurami goreng yang renyah dan oseng daun genjer yang krenyes-krenyes, benar-benar tak ada duanya!

Sekarang kuliner pedas ini bisa dan banyak kita temukan di hampir seluruh Jawa Barat, ini menjadi bukti bahwa sambal ini memang lezat dan mak nyos pastinya. Mungkin lebih nikmat jika di santap dengan tutug oncom atau nasi timbel.

Konon sambal ini diciptakan oleh Fatimah, putri Wali Fajar Sidik, penyebar agama Islam di Garut pada abad 18. Dulu hanya orang tertentu yang bisa menikmati sambal lezat ini. Kini, di berbagai kota di jawa Barat seperti Bandung, Bogor, dan Cianjur ada restoran yang menyajikan sambal ini.

Resep sambal cibiuk
  
Bahan:

10 bh cabai rawit hijau
3 bh tomat hijau, potong kasar
3 siung bawang merah
1/2 sdt terasi, bakar
2 cm kencur
5 pucuk daun kemangi
1/2 sdt garam

Cara Membuat:

Haluskan cabai rawit, bawang merah, kencur, terasi, dan garam. Tak perlu halus-halus numbuknya. Masukkan irisan tomat hijau, bejek-bejek kasar. Baru tambahkan daun kemangi, tumbuk kasar juga.
Sajikan segera.



Sambal Cibiuk, Sambal khas Garut Jawa Barat...!!! | Indonesia | Semua Tentang Indonesia

Share on Google Plus

About Poerwalaksana

Poerwalaksana is a freelance web designer and developer with a passion for interaction design, Business Enthusiast, Start Up Enthusiast, Speaker and Writer. Inspired to make things looks better.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment