Indonesia

Indonesia

Asal mula kata "Degan....!!!"

Asal mula kata
Di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya, minuman berjudul Es Degan adalah salah satu minuman terfavorit sepanjang masa. 

Di tempat lain, mungkin orang menyebutnya dengan istilah Es Kelapa Muda, dan tak kalah favoritnya sebagai minuman penyejuk dahaga di siang hari yang terik (awas kalo minum di pagi buta bisa menyebabkan moncor ^^). Tapi tahukah sahabat asal usul nama Degan itu sendiri?

Sumber ini tidak jelas, jadi sekedar buat lucu-lucuan aja dan yang jelas jangan dimasukkan ke dalam hati, apalagi pikiran, cuma buat seru-seruan aja. jadi begini ceritanya. 

Pada masa Inggris masuk ke tanah air atas nama kerajaan Inggris (jauh sebelum pasukan Gurkha masuk ke Indonesia tahun 1945 atas nama pasukan sekutu), yaitu sekira tahun 1800an, orang-orang Inggris sering keluar masuk kampung, baik untuk melakukan penelitian terhadap fauna maupun flora Indonesia. 

Nah, pada saat keluar masuk kampung dan hutan itulah, pasukan tentara Inggris yang diikuti oleh banyak kalangan pribumi menderita kehausan, karena matahari sedang bersinar terik waktu itu (anggaplah begitu :p).

Singkat cerita, mereka (orang Inggris dan orang pribumi) menemukan buah kelapa muda yang berada jauuuuh di atas kepala mereka, orang Inggris memerintahkan penduduk pribumi untuk memanjat itu pohon, tapi susah, mengingat pohon ini tidak beranting dan tidak bercabang, hanya lempeng gitu aja. 

Karena tidak sabar menunggu, sang mister Inggris berteriak kepada ajudannya untuk mengambilkan senjata (dengan maksud akan menembak itu buah kelapa muda). Sambil berteriak, sang mister Inggris menunjuk-nunjuk buah kelapa muda itu dan tetap terus teriak kepada ajudannya. Tahukah kawan kira-kira apa yang diteriakkan oleh mister Inggris itu? "the gun - the gun" sambil menunjuk ke arah buah kelapa muda.

Nah, disinilah rupanya letak salah pengertiannya, masyarakat pribumi mengira, sang mister Inggris meminta kepada ajudannya untuk mengambilkan buah kelapa muda yang disebutnya dengan nama the gun, karena sang pribumi terlalu lama untuk mengambilnya. 

Sejak saat itu, orang pribumi menyebut kelapa muda dengan istilah Degan (the gun), akibat salah mengerti maksud sang tuan mister Inggris. Begitu saja, sampe saat ini kelapa muda di beberapa tempat di Jawa disebut dengan istilah Degan.

Tidak hanya itu saja, ternyata banyak istilah serapan bahasa Jawa yang diperoleh dari bahasa Inggris maupun Belanda akibat salah mengerti, salah ucap dan salah-salah yang lainnya. Beberapa istilah serapan tersebut antara lain:

1. Kaspe dari kata Cassava untuk menyebut singkong;
2. Sepur dari kata Spoor untuk menyebut kereta api;
3. Setrum dari kata Stroom untuk menyebut listrik;
4. Setrap dari kata Straf untuk menyebut dihukum;
5. Pit-pit an dari kata Viet untuk menyebut bersepeda;
6. Sumer dari kata Summer untuk menyebut panas;
Share on Google Plus

About Poerwalaksana

Poerwalaksana is a freelance web designer and developer with a passion for interaction design, Business Enthusiast, Start Up Enthusiast, Speaker and Writer. Inspired to make things looks better.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment