Indonesia

Indonesia

Abon.., yang sangat khas Indonesia....!!!

Abon.., yang sangat khas Indonesia....!!! | http://indonesiatanahairku-indonesia.blogspot.com/
Abon adalah makanan yang yang terbuat dari serat daging. Penampilannya biasanya berwarna cokelat terang hingga kehitaman. 

Abon tampak seperti serat, karena didominasi oleh serat-serat otot yang mengering. Karena kering, abon biasanya awet disimpan berminggu-minggu hingga berbulan-bulan dalam kemasan kedap udara.

Selain dari bahan dasar daging, ada beberapa abon yang berbahan dasar ikan, seperti ikan tuna, ikan lele, dan belut. Ada beberapa merek abon ikan seperti Pranspul, Putri Racmi, dan lain-lain

Abon biasanya dimakan sebagai lauk taburan di atas nasi atau bubur ayam, atau sebagai isi lemper. Di Indonesia, daging yang biasa digunakan untuk membuat abon berasal dari daging sapi, sehingga orang mengenal 'abon sapi'. 

Selain daging sapi, bahan lain yang digunakan adalah ayam, babi, ikan, dan kambing. Di China, abon yang paling lazim adalah abon daging babi yang disebut rousong. 

Sentra pembuatan abon sapi di Indonesia saat ini ada di daerah Boyolali, Solo, Salatiga, dan sekitarnya. Sedangkan sentra pembuatan abon babi terdapat di Bali. Beberapa merek abon daging sapi antara lain Abon Ratu, Abon Ratudua, Abon Kenari, Abon Wayang, Abon Ratu Mawar, dan Abon Gloria.

Cara Abon pembuatan secara umum
Potongan daging yang telah dibumbui dengan garam dan kecap, direbus dan dididihkan, sehingga serat-serat daging mulai terlepas dan mudah disuwir-suwir. Hal ini karena kandungan kolagen dan elastin zat pengikat otot telah larut oleh air rebusan. 

Daging yang mulai tercerai-berai hasil rebusan ini kemudian dikeringkan, dapat dengan cara dijemur atau menggunakan oven. Setelah itu daging ini disangrai di atas penggorengan besar sambil ditumbuk-tumbuk. 

Ketika ditumbuk daging ini membentuk serat-serat daging yang menyerupai gumpalan benang. Saat disangrai ini serat daging ditambahkan bumbu-bumbu penambah rasa, seperti gula jawa dan bawang goreng, terus diaduk hingga benar-benar kering. Selain itu, beberapa abon dengan kualitas rendah sering ditambahkan bahan pengisi, seperti untuk kacang koro pedang, dll.

Resep Abon 
Banyak keuntungan kalau anda membuat abon sendiri, pertama, kualitas bisa kita atur sendiri, dari bahan sapinya , bumbu dll, kemudian tak takut karena bahan - bahan berbahaya karena kita sendiri yang bikin.pengeringannya bisa menyeluruh supaya abon tidak lekas basi atau tengik. Nah silahkan praktek saja Resep Abon sapi Kering ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

1 Kg daging sapi yang bagus
1 gelas santal kental diambil dari 1 butir kelapa
4 siung bawang putih
2 sendok makan ketumbar
gula merah secukupnya
daun salam secukupnya
lengkuas secukupnya
garam secukupnya

Cara membuat Abon Sapi kering:
- Pertama Daging direbus dengan diberi garam, daun salam dan lengkuas
- Setelah daging empuk kemudian diiris tipis-tipis kemudian dipukul-pukul dengan alat penggepuk sampai memar.
- Daging yang telah memar, kemudian di suir-suir halus.
- Haluskan bumbu: bawang putih, ketumbar, gula merah dan sedikit garam
- Panaskan santan kental, kemudian masukkan daging dan bumbu yang sudah dihaluskan, aduk-aduk terus sampai santan habis dan daging kering, pada waktu mengaduk setelah kering, harus di bolak-balik agar abon tidak gosong.
- Membuat abon harus benar-benar kering agar bisa tahan lama.
- Apabila anda ingin membuat Abon dengan sedikit rasa pedas, anda bisa membubuhkkan sedikit bubuk cabe pada abon yang telah kering kemudian diaduk rata.


Abon.., yang sangat khas Indonesia....!!! | indonesiatanahairku-indonesia.blogspot.com | Indonesia | Semua Tentang Indonesia

Share on Google Plus

About Poerwalaksana M.Djayasasmita

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment