Indonesia

Indonesia

Graha Garuda Tiara Indonesia telah musnah....!!!

Graha Garuda Tiara Indonesia telah musnah....!!!
Bangunan ini dinamakan Graha Garuda Tiara Indonesia (GGTI), yang berada di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. 

GGTI yang mulai dibangun tahun 1995 dan digunakan sebagai penginapan atlet SEA GAMES XIX pada Oktober 1997.

Kompleks Garuda Tiara ini terdiri atas wisma A, B, C, D, dan E, yang merupakan bagian sayap dan masing-masing terdiri dari 3 lantai dengan total 456 kamar. 

Bagian dada dan kepalaGaruda terdapat lobi dan ruang konvensi yang mampu menampung 3 ribu orang. Sedang di bagian ekor diperuntukkan bagi hotel total ada 196 kamar.

Graha Garuda Tiara Indonesia telah musnah....!!!
Ada juga lapangan parkir yang luas hingga menampung 100 bus, dan landasan helipad. Tidak hanya itu saja, kompleks olahraga juga tersedia. Ada 2 lapangan tenis, 2 lapangan basket, dan 2 lapangan volly. Ada juga 2 kolam renang.

Siapa pemilik Graha Garuda Tiara Indonesia (GGTI) sekarang, memang belum jelas benar. Namun dulu bangunan yang mirip burung Garuda Pancasila raksasa itu disebut-sebut sebagai milik keluarga Cendana.

Dulu kabarnya putri Soeharto, Siti Hardijanti Rukmana atau yang biasa disapa Mbak Tutut, kerap bertandang. Biasanya, Tutut menghabiskan akhir pekan di bekas wisma yang terletak di Jalan Narogong Km 23, Cileungsi, Bogor, (30 km dari Jakarta).

Namun sayang bangunan unik dan megah yang mengambil tempat 5 hektar dari total 44 hektar luas area ini sekarang konon sudah terbengkalai dan mungkin sudah menjadi ’sarang hantu’, kusam dan nyaris tidak terlihat karena tertutup semak belukar.

Graha Garuda Tiara Indonesia telah musnah....!!!
Kini, yang tersisa dari gedung itu hanya puing-puing.

Gedung yang berlokasi di Jalan Narogong, Kampung Cibeureum, Kelurahan Cileungsi Kidul, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor terlihat sudah rata dengan tanah.

Sekitar awal 2014, gedung berarsitektur burung Garuda Pancasila itu dibongkar. Nyaris tak ada yang tersisa, selain hamparan luas tanah merah, beberapa bekas tiang pancang yang jumlahnya tak banyak, dan hutan bambu. 

Graha Garuda Tiara Indonesia telah musnah....!!!
Satu hal solid yang masih terlihat jelas hanya sebuah monumen gedung yang dulunya bertuliskan "Graha Garuda Tiara Hotel dan Konvensi". 

Akan tetapi, monumen berwarna abu-abu dan hitam itu kini tersembunyi, tertutup lapak kaki lima, seperti bengkel dan tempat penjualan pulsa, tepat di pinggir Jalan Narogong. 

Monumen itu jadi saksi berdiri dan matinya gedung tersebut. 


Share on Google Plus

About Poerwalaksana M.Djayasasmita

Poerwalaksana is a freelance web designer and developer with a passion for interaction design, Business Enthusiast, Start Up Enthusiast, Speaker and Writer. Inspired to make things looks better.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment