Indonesia

Indonesia

Mesjid mesjid kerajaan Islam Indonesia....!!!

Mesjid mesjid kerajaan Islam Indonesia....!!!
1. Mesjid Agung Banten - Banten
Mesjid Agung Banten adalah salah satu Mesjid tertua di Indonesia yang penuh dengan nilai sejarah. 

Banyak para peziarah yang datang, bukan hanya dari Banten dan Jawa Barat, tapi banyak juga dari daerah di pulau jawa. 

Yang menjadi ciri khas Mesjid Agung Banten ini adalah atap bangunan yang bertumpuk lima mirip dengan pagoda china yang didesain oleh Tjek Ban Tjut. 

Disamping itu ada juga menara setinggi 24 meter yang terbuat dari batu bata dengan anak buah tangga berjumlah 83. Dahulu, selain digunakan sebagai tempat mengumandangkan adzan, menara ini juga digunakan sebagai tempat menyimpan senjata. Di Mesjid ini juga terdapat kompleks pemakaman para sultan-sultan.

Mesjid mesjid kerajaan Islam Indonesia....!!!
2.Mesjid Raya Baiturrahman - Banda Aceh
Sebelum dibangun kembali Mesjid raya Baiturrahman merupakan peninggalan kerajaan aceh pada abad 15 M 

Terletak dijantung kota ibukota provinsi Nanggroe Aceh Darussalam tepatnya dikota Banda Aceh. 

Sewaktu Belanda menyerang kota Banda Aceh pada tahun 1873, Mesjid ini dibakar, kemudian pada tahun 1875 Belanda membangun kembali sebuah Mesjid sebagai penggantinya. 

Menurut referensi yang saya baca, kubah Mesjid raya ini berjumlah 7 Buah. Mesjid ini merupakan salah satu Mesjid yang terindah di Indonesia yang memiliki bentuk yang manis, ukiran yang menarik, halaman yang luas dan terasa sangat sejuk apabila berada di dalam ruangan Mesjid tersebut. 

Dan tahukah Anda ? waktu gempa dan tsunami (26 Desember 2004) yang menghancurkan sebagian Aceh, mesjid ini selamat tanpa kerusakan yang berarti dan banyak warga kota yang selamat di sini, Subhanallah.

Mesjid mesjid kerajaan Islam Indonesia....!!!
3.  Mesjid Cirebon - Jawa Barat
Mesjid Agung Sang Cipta Rasa atau dikenal juga sebagai Mesjid Agung Kasepuhan (Mungkin karena terletak di dalam kompleks Keraton Kasepuhan, Cirebon). 

Mesjid dengan ciri khas yang terletak pada atapnya yang tidak memiliki kemuncak atap sebagaimana yang lazim ditemui pada atap Mesjid-Mesjid di Pulau Jawa. 

Masyarakat Cirebon tempo dulu terdiri dari berbagai etnik. 

Hal ini dapat dilihat pada arsitektur Mesjid Agung Sang Cipta Rasa yang memadukan gaya Demak, Majapahit, dan Cirebon.

Mesjid mesjid kerajaan Islam Indonesia....!!!
4. Mesjid Kudus - Jawa Tengah
Mesjid Menara Kudus (disebut juga dengan Mesjid Al Aqsa dan Mesjid Al Manar) adalah sebuah mesjid yang dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549 Masehi atau tahun 956 Hijriah dengan menggunakan batu Baitul Maqdis dari Palestina sebagai batu pertama. 

Mesjid ini terletak di desa Kauman, kecamatan Kota, kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Tentunya Mesjid ini mempunya ciri khas yaitu menara yang serupa atau mirip bangunan candi.

Dan tahukah anda bahwa mesjid ini adalah perpaduan antara budaya Islam dengan budaya hindu. Dan untuk menyambut bulan ramadan biasanya Mesjid ini menjadi pusat keramaian pada festival Dhandhangan.

Mesjid mesjid kerajaan Islam Indonesia....!!!
5. Mesjid Agung Demak
Mesjid Agung Demak adalah salah satu mesjid tertua yang ada di Indonesia. Mesjid ini terletak di desa Kauman, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. 

Konon katanya Mesjid ini dijadikan tempat berkumpul para wali yang menyebarkan agama islam dipulau jawa. 

Mesjid ini didirikan oleh Raden Patah yaitu raja pertama kesultana Demak bersama para wali. Apasih yang menjadi daya tarik dari Mesjid ini, sampai-sampai Mesjid Agung Demak dicalonkan untuk menjadi Situs warisan Dunia UNESCO tahun 1995? Mesjid ini mempunyai bangunan-bangunan induk dan serambi. 

Bangunan induk memiliki empat tiang utama yang disebut saka guru. Salah satu dari tiang utama tersebut konon berasal dari serpihan-serpihan kayu, sehingga dinamai saka tatal. Bangunan serambi merupakan bangunan terbuka. 

Atapnya berbentuk limas yang ditopang delapan tiang yang disebut Saka Majapahit. Atap limas Mesjid terdiri dari tiga bagian yang menggambarkan ; (1) Iman, (2) Islam, dan (3) Ihsan. 

Di Mesjid ini juga terdapat “Pintu Bledeg”, mengandung candra sengkala, yang dapat dibaca Naga Mulat Salira Wani, dengan makna tahun 1388 Saka atau 1466 M, atau 887 H. Di dalam lokasi kompleks Mesjid Agung Demak, terdapat beberapa makam raja-raja Kesultanan Demak dan para abdinya. Di kompleks ini juga terdapat Museum Mesjid Agung Demak, yang berisi berbagai hal mengenai riwayat Mesjid Agung Demak.

Mesjid mesjid kerajaan Islam Indonesia....!!!
6. Mesjid Sunan Ampel
Mesjid Ampel adalah sebuah Mesjid kuno yang terletak di kelurahan Ampel, kecamatan Semampir, kota Surabaya, Jawa Timur. 

Mesjid seluas 120 x 180 meter persegi ini didirikan pada tahun 1421 oleh Sunan Ampel, yang didekatnya terdapat kompleks pemakakaman Sunan Ampel. 

Mesjid yang saat ini menjadi salah satu objek wisata religi di kota Surabaya ini, dikelilingi oleh bangunan berarsitektur Tiongkok dan Arab disekitranya. 

Disamping kiri halaman Mesjid, terdapat sebuah sumur yang diyakini merupakan sumur yang bertuah, biasanya digunakan oleh mereka yang meyakininnya untuk penguat janji atau sumpah.

Mesjid mesjid kerajaan Islam Indonesia....!!!
7. Mesjid Katangka
Mesjid Al-Hilal atau lebih dikenal dengan nama Mesjid Katangka adalah salah satu Mesjid tertua di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. 

Kenapa Dinamakan Mesjid Katangka? karena berlokasi di kelurahan Katangka, kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa. 

Selain itu, Mesjid ini disebut Katangka, karena bahan baku dasar dari Mesjid tersebut diyakini diambil dari pohon Katangka. 

Dan ciri khas Mesjid ini memiliki satu kubah, atap dua lapis menyerupai bangunan joglo. Bangunan ini juga memiliki empat tiang penyangga, yang berbentuk bulat dan memiliki ukuran yang besar dibagian tengah. 

Jendela Mesjid ini berjumlah enam serta memiliki lima pintu. Atap dua lapis berarti dua kalimat syahadat, empat tiang berarti empat sahabat nabi, jendela bermakna rukun iman ada enam dan lima pintu bermakna rukun Islam. 

Bagian kubah dipengaruhi oleh arsitektur Jawa dan lokal, tiang dipengaruhi oleh budaya Eropa, sedangkan bagian mimbar sangat kental dengan pengaruh kebudayaan China, ini terlihat pada atap mimbar yang mirip bentuk atap klenteng. 

Di sekitar mimbar juga masih terpasang keramik dari Cina yang konon dibawa oleh salah satu arsiteknya yang berasal dari sana. Ciri khas lainnya, dan ini terjadi di hampir seluruh bangunan kuno adalah pada bagian dinding yang terbuat dari batu bata itu cukup tebal, yakni mencapai 120 sentimeter (cm). 

Penyebab utamanya karena Mesjid ini juga pernah dijadikan sebagai benteng pertahanan saat Raja Gowa melawan penjajah. Mesjid Katangka ini sudah mengalami renovasi sebanyak 6 kali.

Mesjid mesjid kerajaan Islam Indonesia....!!!
8. Mesjid Sultan Ternate 
Mesjid Sultan Ternate adalah sebuah Mesjid yang terletak di kawasan Jalan Sultan Khairun, Kelurahan Soa Sio, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara. 

Mesjid ini menjadi bukti keberadaan Kesultanan Islam pertama di kawasan timur Nusantara ini. 

Kesultanan Ternate mulai menganut Islam sejak raja ke-18, yaitu Kolano Marhum yang bertahta sekitar 1465-1486 M. 

Pengganti Kolano Marhum adalah puteranya, Zainal Abidin (1486-1500), yang makin memantapkan Ternate sebagai Kesultanan Islam dengan mengganti gelar Kolano menjadi Sultan, menetapkan Islam sebagai agama resmi kerajaan, memberlakukan syariat Islam, serta membentuk lembaga kerajaan sesuai hukum Islam dengan melibatkan para ulama. 

Sementara arsitekturnya mengambil bentuk segi empat dengan atap berbentuk tumpang limas, di mana tiap tumpang dipenuhi dengan terali-terali berukir. Arsitektur ini nampaknya merupakan gaya arsitektur khas Mesjid-Mesjid awal di Nusantara, seperti halnya Mesjid-Mesjid pertama di tanah Jawa di mana atapnya tidak berbentuk kubah, melainkan limasan.






Share on Google Plus

About Poerwalaksana

Poerwalaksana is a freelance web designer and developer with a passion for interaction design, Business Enthusiast, Start Up Enthusiast, Speaker and Writer. Inspired to make things looks better.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment